Rabu, 07 Juli 2021

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 5 SEMARANG

ARTIKEL PENDIDIKAN.
Oleh ; Joko Rosidi, S.Pd.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan: Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Pembelajaran diferensiasi adalah metode pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan belajar individu setiap murid. Pembelajaran berdiferensiasi bersifat terbuka sehingga memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap murid. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Indikator keberhasilan suatu pembelajaran berdiferensiasi adalah siswa merasa nyaman dalam belajar, adanya peningkatan keterampilan baik segi hard skill atau softskill, dan adanya kesuksesan belajar dari seorang murid yaitu murid mampu merefleksikan diri kemampuannya dimulai dari titik awal pembelajaran sampai pembelajaran selesai Pembelajaran berdiferensiasi ini memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri, yakni:
1. Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
2. Terdapat penilaian berkelanjutan.
3. Guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid.
Contoh kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah ketika proses pembelajaran guru menggunakan beragam cara agar murid dapat mengeksploitasi isi kurikulum, guru juga memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi atau ide, serta guru memberikan beragam Teknik Pemesinan adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatifitas dan peralatan yang menunjang alam mengikuti perkembangan teknologi dunia. Di SMK Negeri 5 Semarang khususnya di Teknik Pemesinan pembelajaran diharapkan menggunakan Metode pembelajaran Berdiferensiasi. Siswa akan semakin termotivasi dalam belajar dan dapat meningkatkan minat belajar siswa, karena metode ini bertujuan Student center, Seperti penggunaan Mesin 3D Printing ini siswa diharapkan mampu mengaplikasikan pelajaran dari mulai Matematika, Bahasa Inggris, Gambar Teknik, Gambar Manuffaktur dan teknik CNC. Gambaran pembelajaran Project ini adalah mulai perancangan siswa diharapkan sudah bisa mengaplikasikan perhitungan matematis dan menggambar menggunakan